Kamis, 21 April 2016

Manfaat Dari Vitamin E


Vitamin E merupakan zat penting yang bisa menunjang kinerja organ tubuh. Zat ini juga memiliki efek antioksidan yang bisa menlindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Meski begitu, manfaat suplemen vitamin E yang selama ini dikaitkan dengan kulit dan kesuburan masih belum bisa dipastikan sepenuhnya.

Vitamin E sering dianjurkan untuk memerangi masalah ketidaksuburan pada pria dan wanita. kenapa yaaa?
iya, karena vitamin E merupakan antioksidan kuat dan sangat penting untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan kesuburan. Oleh karena itu, makanan yang kaya akan vitamin E atau suplemen vitamin E dapat meningkatkan kekebalan tubuh si pengonsumsinya.

Vitamin E untuk wanita

Vitamin E mengandung antibodi yang dapat melindungi sel telur pada wanita dan meningkatkan kesuburan sebesar 20-30%. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu sperma tetap hidup. Sumber yang baik dari vitamin E adalah sayuran berdaun, telur, pepaya, biji bunga matahari, aprikot, hati. Juga untuk membantu mencegah terjadinya perpecahan membran selama masa kehamilan.

Vitamin E untuk pria

Vitamin E untuk pria dapat meningkatkan kualitas sperma dan motilitas pada pria. Selain itu, pria yang menjalani pola diet kaya vitamin E sebelum menjalani perawatan bayi tabung, dapat memberikan kesuburan sebesar 18-25%.

Sumber

Vitamin E mudah didapat dari bagian makanan yang mengandung minyak atau sayuran. Vitamin E banyak terdapat pada buah-buahan, susu, mentega, telur, sayur-sayuran, terutama kecambah. Contoh sayuran yang paling banyak mengandung vitamin E diantaranya minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar, dan sayuran bewarna hijau. Vitamin E lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah. Selain itu ASI juga mengandung vitamin E untuk memenuhi kebutuhan bayi. Dalam perkembangannya, vitamin E diproduksi dalam bentuk pil, kapsul, dan lain-lain sebagaimana vitamin-vitamin yang sudah terlebih dahulu ada.

Kegunaan 

Meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stress, meningkatkan kesuburan, meminimalkan resiko kanker dan penyakit kanker koroner.Menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akkibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat penyembuhan luka.
sebagai antioksidan Melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan.

Sifat

Vitamin E ini larut dalam lemak. Kelarutannya dalam lemak merupakan sifat yang menguntungkan karena sebagian besar kerusakan akibat radikal bebas terjadi didalam membran sel dan lipoprotein yang terbuat dari molekul lemak.

Kekurangan Vitamin E

  1. Sel darah merah terbelah.
  2. Perubahan degeneratif pada sistem saraf dan otot.
  3. Kelemahan dan kesulitan berjalan.
  4. nyeri pada otot betis.
  5. Gangguan penglihatan.
  6. Anemia.
  7. Retensi cairan (odem).
  8. Kelainan kulit.

Kelebihan mengkonsumsi Vitamin E

Kelebihan vitamin E menimbulkan gangguan pada kinerja sistem imun terhadap infeksi. Gejala yang akan dirasakan adalah sakit kepala, lemah dan selalu lelah, serta pusing yang disertai gangguan penglihatan. Untuk itu, jumlah vitamin E dalam tubuh harus ada batasan yang ketat.

Semoga Bermanfaat kaka :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar